Kamis, 12 September 2013

ATASI KEKURANGAN KALIUM (HIPOKALEMIA) DENGAN KONSUMSI SOYA


Kekurangan Kalium  biasanya disetandai dengan gejala berupa debaran jantung yang tidak teratur, bisa ringan sampai berat. Dan pada kasus yang berat bisa menyebabkan henti jantung dan lumpuhnya otot paru. Gejala lain adalah lemah otot, kram, atau lemes, tidak nyaman didaerah tangan, rasa haus yang berlebihan, sering kencing dan rasa bingung.

Diagnosa hipokalemia akan ditegakkan dengan pemeriksaan kadar kalium darah. Nilai normal kalium dalam darah adalah 3.5 s/d 5.0 miliekivalen/liter (mEq/L). Dan pasien dikatakan hipokalemia bila kalium darahnya lebih rendah dari 3.5 mEq/L.

Kalium biasanya dapat dengan mudah digantikan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandul kalium atau dengan mengkonsumsi  garam kalium (Kalium Klorida) per-oral . Kalium dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga diberikan dalam dosis kecil, beberapa kali sehari.

Sebagian besar orang dapat mengonsumsi diuretik tidak memerlukan tambahan kalium. Tetapi secara periodik dapat dilakukan pemeriksaan ulang dari konsentrasi kalium darah sehingga sediaan obat dapat diubah bilamana perlu.

Pada hipokalemia berat, kalium bisa diberikan secara intravena. Hal ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan biasanya hanya dilakukan dirumah sakit, untuk menghindari kenaikan kadar kalium terlalu tinggi.

Kandungan Kalium dalam setiap 100 gr daging Buah-buahan :
- Kismis                             751 mg
- Kurma                              666 mg
- Pisang Mas                     616 mg
- Alpukat                             485 mg
- Pisang Kepok                 300 mg
- Leci                                  171 mg

Kandungan Kalium dalam setiap 100 gr Kacang2an dan Sayur :
- Kedelai                         1.504 mg 
- Kecipir                          1.100 mg 
- Bayam                             838 mg 
- Kacang tanah                 662 mg 
- Brokoli                             505 mg 
- Sawi                                283 mg 
- Pare                                152 mg

sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar